Pages

Rabu, 15 Desember 2010

Fakta Unik Tentang Tumbuhan

1. Rafflesia Arnoldi

    Tahukah anda bunga dengan ukuran terbesar di dunia??? Kalau anda menjawab Rafflesia Arnoldi, maka jawaban anda tidak salah. Tanaman ini memang bisa tumbuh dengan lebar hingga 1 meter. Tanaman ini hanya munculn di hutan Sumatera dan Kalimantan. Tetapi, tahukah anda bahwa tanaman yang memiliki nama Latin Amorphophalus titanum atau dikenal dengan nama The Titan Arum ini bisa mencapai tinggi 1 metr hingga 3 meter? Beratnya pun mampu mencapai 80 kg atau sekitar 170 pound. Apabila ingin mengetahui bentuk dari bunga tersebut, lihatlah pada uang kertas 500 rupiah zaman dahulu. Di sana akan tampak bunga bangkai yang pernah ditemukan di pedalaman Sumatera.


2. Genus Wolffia
    Kalau ada bunga terbesar di dunia, pasti ada bunga terkecil di dunia. Pemegang rekor tersebut jatuh pada tumbuhan dengan jenis genus Wolffia, yaitu jenis tanamn tanpa akar yang sangat kecil pada jenis keluarga duckweed (Lemnaceace) yang hidup di aliran air tenang dan kolam. Terdapat dua spesies pada genus Wolffia, yaitu Wolffia agusta dari spesies Australia dan Wolffia globosa dari spesies tropis. Rata-rata, jenis tanaman ini hanya memiliki ukuran tidak lebih dari 1 milimeter dan dengan berat average hanya 150 mikrogram.

3. Coco-de-Mer-Palm
    Hampir semua tumbuhan berasal dari benih. Tahukah anda, bahwa benih yang memiliki ukuran paling besar dan berat di dunia adalah benih Coco-de-Mer Palm (Lodeicea maldivica) yang berasal dari kepulauan Syechelles di Samudera Hindia. Panjangnya bisa mencapai 12 inchi dengan berat mencapai 40 pound. Sedangkan benih yang memiliki ukuran paling kecil di dunia adalah benih yang berasal dari keluarga anggrek (Orchidaceae). Satu benih beratnya hanya mencapain1/35.000.000 ons.



4. Hyperion
    Dahulu, rekor pohon tertinggi di dunia jatuh pada pohon yang ditanam di Taman Nasional Redwood dan diberi nama Stratosphere Giant. Tinggi pohon ini mencapai 113 meter. Namun, diduga rekor itu dipatahkan oleh penemuan tiga pohon di Taman Nasional yang sama. Pohon yang diberi nama Hyperion itu bisa mencapai 115,2 meter. Sapai saat ini, dunia masih menunggu konfirmasi untuk menetapkan Hyperion menjadi pohon tertinggi di dunia.





5. Jamur Madu
    Mau tahu organisme yang paling besar di muka bumi? Jawabannya adalh tanaman sejenis jamur (Fungus) yang bernama Armillaria ostoyae atau Jamur Madu yang tumbuh di Hutan Nasional Malheur di daerah timur Oregon, USA. Jamur itu hidup kira-kira 3 kaki di bawah permukaan tanah dan memiliki luas sekitar 890 hektar serta berusia sedikitnya 2.400 tahun, bahkan lebih. Percaya atau tidak, organisme yang hidup di bawah tanah itu ternyata bukan gerombolan jamur, tapi hanya satu jamu saja.

6. Maidenhair
    Mau tahu tanaman yang sejak zama dinosaurus sampai sekarang masih tetap ada??? Jawabannya adalah pohon Maidenhair atau dikenal dengan nama spesies Ginko atau Gingko biloba. Jenis tanaman itu telah ada pada periode Jurassic dan periode Tirassic (135 - 210 juta tahun yang lalu).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites