Pages

Rabu, 15 Desember 2010

Fakta Unik Tentang Hewan

1. Peregrine Falcon
    Berbicara tentang hewan tercepat di muka bumi, nmaka sering kita mengaitkannya dengan cheetah, spesies kucing besar yang hidup di Afrika. Diduga, kecepatan kucing ini 70 mph (114 km/jam). Namun, tahukah kamu bahwa hewan tercepat dipegang oleh seekor burung bernama falcos pergrinus (the peregrine falco) ??? Ia mampu terbang dengan kecepatan 390 km/jam (242,3 mph). Coba bandingkan dengan kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh mobil F1 yang hanya berkisar 370 km/jam (229 mph). Hewan ini telah terancam punah, akibat rusaknya habitat mereka.


2. Kumbang Badak
    Berbicara tentang hewan terkuat, sering kali kita menganggap hewan terkuat adalah gajah. Namun, tahukah anda, gajah Afrika hanya mampu mengangkat beban dengan proporsi 25% dari total berat badannya? Coba bandingkan dengan seekor kumbang badak (the rhinoceros beetle) yang mampu membawa beban sebanyak 850 kali dari total berat badannya. Dengan kata lain, secara proporsi berat badan gajah masih kalah dengan kumbang badak yang mampu mengangkat beban 10 kali berat badannya, bahkan lebih.



3. Burung Unta
    Burung Unta (ostrich) bukan sembarang burung. Tinggi badannya dapat mencapai 2,5 meter dengan berat 180 kg. Selain besar, burung unta juga memiliki daya tahan yang kuat. Burung ini dapat bertahan hidup pada suhu diatas 40˚C hingga suhu 0˚C. Umurnya dapat mencapai 50 tahun. Namun, meskipun burung unta sedemikian besar, pengeluaran untuk biaya makannya kira-kira hanya menghabiskan US$ 75 setiap tahunnya. Satu-satunya kesulitan yang umum terjadi saat memelihara burung unta adalah masalah kandang. Dibutuhkan lahan yang luas agar burung unta nyaman untuk hidup. Apabila burung unta lari keluar dari pagar, kamu perlu sebuah mobil untuk mengejar dan menangkapnya. Burung unta memang dapat berlari hingga kecepatan 50 km/jam. Dan tahukah anda, ternyata mata burung unta lebih besar daripada otaknya.


4. Paus Biru
    Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki sura paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptera musculus) yang juga menyandang gelar hewan terbesar di bumi. Suara ikan ini lebih keras dari suara motor Harley Davidson. Bahkan, dapat lebih keras dari suara konser rock yang paling keras dan juga lebih keras dari suara ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus tersebut? Suara ikan tersebuat dapat mencapai 188 desibel. Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet (yang mempunyai tingkat kekerasan suara 120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Artinya, setiap kenaikan 10 desibel, terjadi peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kita untuk bersyukur bahwa ikan paus biru hanya hidup di lautan.

 5. Stout Infantfish
     Mau tau hewan bertulang belakan (vertebrata) terkecil di dunia??? Ikan kerdil yang disebut Stout Infantfish ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang paling mungil dan paling ringan di dunia. Ikan yang hidup di sekitar perairan Great Berrier Reef, Australia ini panjangnya hanya 7 milimeter. Sebenarnya, ikan itu memiliki saingan dalam hal panjang tubuh, yaitu sejenis ikan yang memiliki nama Latin Paedocypris progenetica, yang ditemukan di rawa-rawa gambut di Pulau Sumatera. Hewan tersebut memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites