Pages

Kamis, 16 Desember 2010

23 Fakta Unik Tentan Makanan

Makanan yang kita makan setiap hari ternyata menympan beberapa keunikan, antara lain sebagai berikut :
1. Jeruk lemon ternyata mengandung gula lebih banyak, dibandingkan stroberi.
2. Nama bawang ternyata diambil dari bahasa Latin yang berarti mutiara besar.
3. Setengah dari penduduk luar negeri ternyata bahan makanan pokonya adalah beras.
4. Makanan cepat saji ternyata bukan hal yang baru. Sisa-sisa kedai fast food ditemukan diantara puing-puing   kota kuno. Bahkan, kota Yunani kuno-pun terbukti menyukai kebiasaan makanan cepat saji ini. Yang dapat dibilang baru hanyalah jenis produknya yang dibuat secara masal, pilihan menu yang sesuai standar, dan resep-resep fast food yang ditetapkan juga dalam sistem berantai.
5. Keripik Kentang ternyata ditemukan oleh orang Indian di Amerika Utara yang bernama Goerge Crum.
6. Sepanjang hidupnya, rata-rata setiap orang memakan 35 ton makanan.
7. Es Krim ternyata merupakan makanan Cina. Ketika Marco Polo kembalai ke Italia, dari Cina pada tahun 1295, selain membawa benda, ia juga membawa sebuah resep. Resep ini adalah resep hidangan penutup warga Cina yang disebut "es susu". Kemudian, bangsa Eropa mengganti susu menjadi krim sekaligus mengubah namanya menjadi "es krim". Sejak itulah es krim menjadi hidaangan yang disukai semua orang.
8. Tahukah anda, pendiri restoran McDonald adalah seorang pemegang gelar kesarjanaan di bidang ilmu yang mendalami seluk-beluk hamburger???
9. Warga Perancis ternyata menghabiskan 500 ekor siput setiap tahun untuk hidangan escargot
10. Wortel ternyata benar-benar dapat membantu ketajaman mata Anda di saat berada dalam kegelapan. Vitamin A dikenal sebagai pencegah rabun senja dan wortel kaya akan vitamin A.
11. Sereal pertama yang dijadikan sarapan rupanya terbuat dari gandum KW2 atau gandum yang tidak utuh lagi.
12. Waspadalah! Tidak kurang dari 100 ribu bakteri terdapat pada 1 liter air minum!
13. Krim ternyata lebih cair dari susu
14. Kopi instan telah ada sejak abad ke-18
15. Menu Chop-Suey ternyata bukan berasal dari daratan Cina, tetapi merupakan kreasi seorang imigran Cina di California
16. Katanya, anda akan merasa lebih lapar ketika berada di tempat yang dingin. Namun, itu hanya sebuah mitos belaka, selera makan tidak terpengaruhi oleh temperatur/suhu.
17. Saus yang digunakan penduduk Frankfurt (Jerman) untuk makan, ternyata dikreasikan pertama kali di Cina
18. Mem biarkan susu terbuka dan diterpa sinar matahari secara langsung, dapat menyeabkan hilangnya 2/3 kandungan vitamin B.
19. Makanlah tomat bersamaan dengan hamburger. Pertimbangannya, jika kita makan tomat yang mengandung Vitamin C, bersamaan dengan daging yang telah dimasak tubuh akan lebih mudah menyerap zat besi yang ada pada makanan ber-protein tersebut.
20. Air yanga anda minum sebenarnya sudah pernah diminum oleh orang lain, bahkan munkin sudah banyak orang yang meminumnya berulang kali.
21. Dibutuhkan 3.500 kalori untuk membentuk 1 pon lemak tubuh. Jadi, tetaplah aktif bergerak untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga kalori tidak menjadi timbunan lemak.
22. Pada zama dahulu, kacang digunakan untuk bahan membuat dinamit.
23. Menyajikan ikan dengan irisan jeruk lemon ternyata sudah menjadi tradisi sejak abad pertengahan. Orang percaya, rasa asam yang terkandung pada jeruk lemon dapat menghancurkan tulang/duri yang mungkin tertelan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites