Pages

Selasa, 02 November 2010

Lompatan Belalang

   Seekor belalang telah lama terkurung dalam suatu kotak. Suatu hari ia berhasil keluar dari kotak yang mengurungnya tersebut. dengan gembira ia melompat - lompat menikmati kebebasannya. Dalam perjalanan ia bertemu dengan belalang lain. Namun ia heran, mengapa belalang tersebut dapat melompat lebih jauh dan lebih tinggi darinya.
   Dengan penasaran ia menghampiri belalang tersebut dan bertanya, "Mengapa kau dapat melompat lebih jauh dan lebih tinggi, padahal kita tidak berbeda usia maupun bentuk tubuh ?"
   Kemudian belalang itu pun menjawab dengan pertanyaan, "Dimana kau selama ini tinggal? Karena semua belalang  yang hidup di alam bebas pasti bisa melakukan apa yang saya lakukan." Saat itu si belalang baru tersadar bahwa selama ini kotak itulah yang membuat lompatannya tidak sejauh dan setinggi belalang lain yang hidup di alam bebas.
   Terkadang kita sebagai manusia, tanpa sadar pernah juga mengalami hal yang sama dengan belalang tersebut. Lingkungan yang buruk, hinaan, trauma masa lalu, kegagalan yang beruntun, perkataan teman atau pendapat tetangga, seolah kita terkurung dalam kotak semu yang membatasi kelebihan kita. Terkadang kita lebih mempercayai mentah - mentah apapun yang mereka voniskan kepada kita tanpa pernah berpikir, benarkah kita separah itu? Bahkan lebih buruk lagi, kita lebih mempercayai mereka daripada mempercayai diri kita sendiri.
   Kehidupan akan lebih baik jika hidup dengan cara hidup pilihan kita sendiri , bukan cara hidup seperti yang orang lain pilihkan orang lain untuk kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites